Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 80792
  • Online: 1
  • Hari ini: 107

Cara Memplester Tembok Batu Bata

BERITA – Kamis, 4 Jul 2013 09:44 WIB

FotoHasil akhir pemasangan dinding yang bagus memerlukan tukang bangunan ahli yang mampu menerapkan rangkaian metode kerja yang tepat termasuk juga dalam hal cara memplester dan mengaci tembok batu bata yang baik. meskipun kelihatanya sepele namun hal ini sangat mempengaruhi kualitas bangunan. oleh karena itu disini kita akan mencoba berbagi ilmu dan pengalaman barangkali dapat bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang kebetulan sedang membutuhkan.
Cara memplester tembok batu bata

1. Memastikan pemasangan batu bata benar-benar tegak dan rata agar mudah dan tidak terjadi pemborosan pada sisi tebal tipis plesteran.

2. Menunggu minimal dua hari setelah pemasangan batu bata selesai, hal ini untuk memberikan waktu bagi semen agar mengering sempurna. terlalu cepat melakukan pekerjaan plesteran dapat menyebabkan dinding retak-retak dikemudian hari.

3. Menyaring terlebih dahulu material pasir yang akan digunakan untuk memplester, sehingga butiran kerikil besar tidak mengganggu saat plesteran berlangsung.

4. Membuat adukan untuk plesteran dari bahan pasir, semen dan air dengan campuran secukupnya, tidak terlalu cair atau padat agar mudah digunakan saat memplester tembok.

5. Menyiram terlebih dahulu tembok yang akan diplester, hal ini berfungsi agar dinding tidak banyak menyerap air semen.

6. Membuat kepalaan plesteran, untuk mengatur ketegakan dan kedataran secara horizontal dan vertikal, kepalaan juga berfungsi untuk pengukur ketebalan plesteran.

7. Pekerjaan plesteran dapat dilakukan dengan cara menempelkan adukan pada dinding menggunakan cetok lalu meratakanya dengan alat roskam atau jidar.

8. Kedataran ,ketegakan dan kepadatan plesteran perlu dipantau setiap saat agar hasil akhirnya benar-benar bagus sesuai harapan.

9. Setelah plesteran selesai perlu dilakukan penyiraman agar tidak terlalu cepat mengering sehingga berpotensi menyebabkan keretakan dinding.

10. Plesteran dinding perlu didiamkan beberapa waktu agar`mengering sempurna sebelum dilakukan pekerjaan acian.
Demikian beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam memplester dinding batu bata