Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 80505
  • Online: 1
  • Hari ini: 145
Untitled Document

VISI dan MISI

VISI.

Untuk mendukung VISI Pemerintah Kabupaten Bantul “ Bantul Projotamansari, Sejahtera, Demokratis, dan Agamis “, maka Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul menetapkan VISI sebagai berikut :
Mewujudkan Peningkatan Pelayanan Masyarakat Melalui Pelaksanaan Pembangunan Prasarana dan Sarana Bidang Jalan Dan Cipta Karya di Kabupaten Bantul.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa dengan mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Bantul. Dinas Pekerjaan Umum harus melaksanakan program pembangunan Prasarana dan Sarana di Bidang Jalan dan Cipta Karya secara berkesinambungan sesuai dengan Perencanaan Strategis selama 5 tahun.

MISI.

Untuk mewujudkan VISI Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul tersebut disusun MISI Organisasi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelayanan di sektor transportasi, sub sektor Prasarana Jalan di Kabupaten Bantul.
  2. Meningkatkan pelayanan di sektor Perumahan dan Permukiman serta pengembangan wilayah secara terpadu di Kabupaten Bantul.
  3. Mendukung peningkatan pelayanan masyarakat pada sektor Kesehatan, Pendidikan, Perdagangan dan Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah di Kabupaten Bantul.
  4. Melaksanakan penyusunan pemanfaatan, pengendalian dan pengawasan tata ruang dan bangunan;
  5. Memberikan pelayanan yang optimal dalam hal peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pelayanan sampah, tinja, taman dan permakaman.

STRATEGI.

Untuk mencapai Visi dan Misi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul tersebut diperlukan strategi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui Diklat Teknis dan Perguruan Tinggi.
  2. Memanfaatkan UPT yang ada yaitu UPT Kebersihan Pertamanan Persampahan dan Pemakaman dalam memberikan dukungan PAD Kabupaten Bantul.
  3. Melaksanakan tugas-tugas Pembangunan di Bidang Jalan, sesuai dengan Renstra DPU melalui program-program antara lain Pemeliharaan Rutin Jalan, Jembatan dan Gorong-Gorong, Rehabilitasi Jalan, Peningkatan Jalan., Pembangunan dan Penggantian Jembatan serta Pemasangan Lampu Penerangan Jalan. Sedangkan untuk Bidang Cipta Karya adalah Perbaikan Perumahan dan Permukiman Perkotaan dan Perdesaan, Program Penyediaan dan Pengelolaan Air Bersih, Program Penyehatan Lingkungan Permukiman, Program Rehabilitasi Pasar, Program Revitalisasi SD/MI dan Program Rehabilitasi Gedung Kantor Pemerintah Daerah serta Program Rehabilitasi dan Pembangunan Puskesmas.
  4. Mengupayakan pada akhir tahun 2009 semua jalan-jalan Kabupaten beraspal dan strategis dalam kondisi mantap.
  5. Melaksanakan Pemeliharaan Rutin dan pengadaan tambahan alat-alat berat (motor wals, loader, back hoe), pengadaan mobil tinja, mobil tangki air, dump truk, dan truk sampah, untuk peningkatan pelayanan masyarakat dan mendukung PAD.
  6. Meingkatkan sarana operasional berupa pengadaan armada terutama truk pengangkut sampah

TUJUAN  ORGANISASI.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul tersebut, diperlukan Tujuan Organisasi yang jelas dan disepakati oleh instansi terkait sebagai berikut:

  1. Mewujudkan kondisi jalan dan jembatan Kabupaten Bantul menjadi mantap.
  2. Menunjang peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan permukiman dengan mengikutsertakan peran aktif masyarakat.
  3. Meningkatkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  4. Membantu peningkatan pelayanan masyarakat di bidang Kesehatan, Pendidikan, Perdagangan dan Pemerintahan.
  5. Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Aparatur Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul.

SASARAN.

Untuk dapat mencapai tujuan program tersebut diatas diperlukan penetapan Sasaran Pembangunan yang terukur dan realistis.
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menetapkan Sasaran Pembangunan antara lain adalah permasalahan mendesak yang harus segera diatasi, aspirasi yang berkembang di masyarakat melalui Open House, UDKP/Musrenbang, dan Pansus DPRD dikaitkan denga potensi kemampuan daerah dengan mempertimbangkan kemampuan dana yang ada.
Sasaran Pembangunan mengacu pada Renstra DPU Kabupaten Bantul yang pada hakekatnya mendukung keberhasilan sasaran sesuai Renstra Kabupaten Bantul.